Apa Itu Ahrefs? Dan Cara Menggunakan Ahrefs Untuk Pemula

Ahrefs adalah salah satu alat digital marketing analysis tools yang biasa digunakan untuk menyiapkan laporan mengenai laporan audit, backlink analysis, URL ranking, analisis kompetitor, dan lain – lain.

Dengan berbagai macam kegunaannya ini, Ahrefs menjadi tool pilihan para profesional, dan menyediakan 4 macam paket pembayaran. Mulai dari $99 hingga $999, ANda cukup memilih yang sesuai dengan budget Kalian.

Untuk bisa menggunakan Ahrefs dengan baik, Kalian harus tahu mengenai fitur – fitur yang mereka sediakan, di artikel ini kita akan membahas beberapa fiturnya.

Fitur – Fitur Ahrefs

Sebagai salah satu SEO tool yang populer, Ahrefs menyediakan berbagai macam fitur yang bisa membantu Kalian dalam meningkatkan posisi blog dan artikel di SERP, beberapa diantaranya adalah:

Site Explorer

Site Explorer adalah fitur utama dari Ahrefs yang memiliki fungsi untuk memeriksa backlink dari berbagai website dan URL.

Ahrefs site explorer menggabungkan berbagai macam SEO tools yang bisa Kalian manfaatkan dalam satu interface, seperti:

Organic traffic research : membantu Kalian untuk bisa melihat keyword yang digunakan oleh kompetitor Kalian.

Backlink checker: melihat backlink apa saja yang ada di website competitor Kalian.

Paid traffic research: ketahui apakah kompetitor Kalian menggunakan paid search advertising 

Fitur ini bisa Kalian gunakan untuk:

  1. Melakukan riset organic traffic
  2. Riset Backlink
  3. Riset Paid Keyword
  4. Riset Pages
  5. Riset Outgoing Links
  6. Keyword Explorer

Temukan banyak ide yang bisa Kalian gunakan untuk keyword – keyword yang Kalian pilih, dan analisa ranking difficulty serta temukan potensi – potensi untuk bisa mendapatkan traffic menuju website Kalian.

Keyword research tool Ahrefs adalah pilihan yang tepat untuk Kalian gunakan, karena memiliki berbagai macam kelebihan, seperti:

  1. Ribuan Keyword suggestion
  2. Mendukung 171 negara
  3. Data dari 10 macam search engine
  4. Search volume yang akurat
  5. “Clicks” Metric
  6. “Parent Topic”
  7. Advanced SEO Metrics
  8. SERP Overview & Positions History
  9. Keywords Lists

Menggunakan berbagai macam kelebihan di atas, keyword explorer dari Ahrefs akan bisa membantu Kalian untuk mencari keyword apa saja yang bisa membantu website Kalian.

Baca Juga: Apa Itu SEMrush?

Backlink Data

Live backlink index dari Ahrefs adalah salah satu yang terbesar di dunia. 54 miliar halaman website sudah di crawl, dan setiap 15 menit index tersebut akan diperbarui dengan data – data yang terbaru. Cukup masukkan website atau URL apa saja ke dalam Site Explorer untuk bisa melihat semua backlink dan beberapa metrik SEO lainnya yang berguna untuk Kalian

Content Explorer

Masukkan keyword apapun ke dalam Ahrefs untuk melihat konten mana yang memiliki performa yang baik dalam meraih social buzz, jumlah backlink, dan traffic pencarian organik. KAlian juga bisa melihat konten – konten apa saja yang menautkan link menuju website Kalian.

Rank Tracker

Lacak peringkat dari keyword desktop dan mobile Kalian dari berbagai lokasi dimanapun, dan dapatkan grafis yang gampang dimengerti mengenai sejarah ranking website Kalian.

  • Cara Menggunakan Ahrefs untuk melihat kualitas blog (gratis)
  • Tahap pertama buatlah akun ahrefs gratis terlebih dahulu
  • Setelahakunberhasil dibuat silahkan login
  • Setelah login akan muncul tampilan dashboard ahrefs, silahkan isikan alamat domain blog yang ingin di cek kualitasnya pada kolom isian seperti gambar dibawah
  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah.

  • Ahrefs Rank adalah ranking blog di ahrefs
  • DR merupakan metrik yang dikembangkan oleh Ahrefs untuk menunjukkan seberapa kuat profil backlink sebuah situs. Sama seperti DA 
  • UR merupakan metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa kuat profil link yang dimiliki oleh sebuah URL secara spesifik dan seberapa besar kemungkinan yang dimilikinya pula untuk bisa mendapatkan rank yang tinggi pada SERP.

Untuk DR dan UR diberi patokan angka 1 sampai serratus dimana semakin tinggi angka maka akan semakin bagus juga posisi SERP artikel dan blog sobat

  • Backlinks adalah jumlah backlink yang mengarah ke blog sobat tanpa memperhatikan kualityas dari backlink itu sendiri
  • Referring Domains adalah informasi yang menjelaskan berapa banyak domain website yang menjadikan situs web yang sedang dites tersebut untuk dijadikan referensi. Semakin banyak yang mereferensikan maka akan semakin bagus.
  • Organic Keywords adalah jumlah keyword yang telah terdeteksi dari search engine keblog sobat
  • Organic Traffic adalah jumlah trafik organic dari search engine yang mengarah ke blog sobat

Untuk mengetahui daftar backlink dan jenisnya sobat bisa mengeklik pilihan Backlinks pada menu pilihan ahrefs dibagian kiri layar, disitu kalian juga bisamelihat data lain seputar blog kalian.

Fitur Ahrefs yang bisa diakses gratis

Site Audit

Site audit berfungsi untuk memeriksa keadaan website Kalian (health score) dan melaporkan apabila ada issue atau masalah pada website Kalian. Jumlah pages yang akan dicrawl terbatas hanya 5000 pages per project per bulannya. Di Site Audit Ahrefs, selain mendapatkan laporan health score dan issue, Kalian juga akan dijelaskan tentang issue tersebut dan bagaimana cara mengatasinya, spesifik hingga laporan URL mana yang bermasalah.

Kalian juga bisa mengexport hasil site audit menjadi csv atau excel. Site Audit terdiri dari laporan tentang keadaan onpage SEO kalian seperti title, description, heading tag, dan lain-lain. Bukan hanya itu, kalian juga akan mendapatkan informasi mengenai internal links, redirect, outbound link, duplicate content, hingga ke page speed performance.

Site Explorer

Site explorer memungkinkan kalian untuk melihat semua hal terkait metriks website kalian. Biasanya site explorer ahrefs digunakan untuk melihat jumlah backlink, jumlah reffering domain, Domain rating, URL rating, jumlah organic keywords, dan bahkan kalian bisa melihat page mana saja yang memiliki performa terbaik di website kalian. Kalian juga bisa melihat kompetitor kalian beserta keyword gap antara kalian dan kompetitor. Site Explorer juga digunakan untuk melihat pertumbuhan backlink, pertumbuhan organic keyword, dan konten apa yang paling perform di website kalian.

Kesimpulan

Ahrefs adalah salah satu SEO tool yang digemari oleh para profesional, karena berbagai macam fitur yang akan memudahkan pekerjaan. Mulai dari Site Explorer Tools hingga Rank Tracker, semua fituryang ada di Ahrefs ini tentunya sangat membantu kita untuk membuat blog menempati posisi tertinggi di SERP dan membantu mendapatkan traffic.

2 komentar untuk "Apa Itu Ahrefs? Dan Cara Menggunakan Ahrefs Untuk Pemula"

Dilarang Berkomentar Menggunakan Kata-Kata Kasar, Link Aktif, Pornografi, Perjudian dan Sejenisnya!!!

close