Ahrfes vs SEMrush, Mana Tools SEO Terbaik?

SEO tools merupakan peralatan tempur bagi para blogger yang ingin kontennya menjejaki peringkat tertinggi SERP. Ada banyak tools yang saat ini biasa digunakan, salah satu di antaranya adalah tools untuk melakukan riset keyword, atau backlink dari kompetitor. Ada dua tools yang biasa digunakan untuk memata-matai performa SEO milik keompetitor, yakni Ahrefs dan Semrush. Pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang performa Ahrefs vs SEMrush yang merupakan tools premium berkualitas jempolan bagi penggiat SEO.

Ahref dan SEMrush adalah adalah tools yang banyak digunakan oleh para pakar SEO. Keduanya merupakan tools yang powerful. Selain memantau optimasi SEO kompetitor Kalian, kedua tools tersebut bisa digunakan juga untuk melakukan pengecekan optimasi SEO pada website Kalian, sehingga jika terjadi kendala atau kesalahan pada saat melakukan optimasi SEO, Kalian bisa langsung memperbaikinya.

Keduanya merupakan tools premium dengan harga yang terbilang tinggi. Jadi, sebelum memutuskan memilih yang mana, pastikan Kalian mengetahui fitur-fitur, dan kelebihan keduanya.

Fitur dan Keunggulan Ahrefs

Ahrefs adalah tool yang berfungsi sebagai backlink checker. Tool ini banyak digunakan oleh para pakar SEO. Selain itu, ada banyak fungsi lain dari tool yang satu ini, dan tentunya terbukti sangat powerful untuk optimasi SEO. Berikut daftar fitur lain yang tidak kalah penting dari Ahrefs:

1. Fitur Content Explorer

Fitur ini disediakan untuk mempermudah Kalian dalam mencari ide konten untuk website. Selain itu, fitur ini pun cocok sekali untuk mencari konten yang potensial untuk menjadi viral. Fungsinya adalah mencari konten pada suatu website, lalu mengurutkannya berdasarkan tingkat share yang tinggi di media sosial. Semakin tinggi tingkat konten tersebut di-share, maka akan semaki tinggi pula potensi viralnya. Nah, dari sinilah Kalian bisa mendapatkan ide untuk membuat konten nantinya.

2. Fitur Crawl Reports

Crawl Reports adalah fitur yang membantu para pakar SEO untuk menangani beberapa permasalahan. Seperti,masalah link yang mati, optimasi on page yang kurang maksimal, dan masih banyak lainnya. Melalui fitur tersebut, Kalian bisa melihat struktur SEO dan performa pada website dengan baik. Jika website Kalian bermasalah dalam optimasi SEO, maka akan segera diketahui, dan bisa langsung diperbaiki.

3. Fitur Batch Analysis

Fitur Batch Analysis berfungsi untuk membandingkan kondisi backlink. Sistem perbandingannya pun hingga mencapai 200 url. Dalam waktu yang singkat, kita bisa membandingkan kondisi backlink atau optimasi offpage SEO tersebut. Jika Kalian sudah terbiasa dengan Ahrefs, membaca fitur yang satu ini tidak akan memakan waktu yang lama dan susah.

4. Fitur Domain Comparasion Tool

Sama dengan fitur Batch Analysis, Domain Comparasion Tool merupakan fitur untuk membandingkan kondisi backlink. Namun, fitur ini versi sederhananya, karena hanya dapat membandingkan 5 domain saja. Jadi, Kalian bisa mendapatkan data persaingan yang cepat untuk niche yang sedang Kalian bidik.

5. Fitur Site Explorer

Site Explorer adalah fitur unggulan dari Ahrefs. Para paker SEO yang sudah lama menggunakan Ahrefs, tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan pengecekan backlink pada website kompetitor. Caranya sangatlah mudah, Kalian tinggal mengakses URL https://ahrefs.com/site-explorer, lalu masukkan link website yang akan Kalian cek, kemudian akhiri dengan mengklik tombol search.

Selanjutnya, Kalian akan melihat tampilan dashboard  yang memperlihatkan informasi secara umum. Informasi yang akan Kalian dapatkan terbilang lengkap, sehingga Kalian bisa melihat sebuah gambaran yang sangat jelas tentang domain yang tadi Kalian masukkan untuk kalian explore.

Menariknya fiturini bisa kalian akses secara gratis loh sob.

6. Fitur Position Tracker

Position Tracker adalah fitur yang menjadikan Ahref sebagai tool SEO revolusioner. Fungsinya yaitu untuk melakukan pengecekan ranking. Dengan fitur ini, para pakar SEO sudah tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk membeli tools rank tracker hanya untuk mengecek ranking.

Cukup dengan Ahref, Kalian bisa memonitor posisi ranking website Kalian ataupun kompetitor. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama, akseslah URL https://ahrefs.com/dashboard/add, lalu masukkan URL dan kata kunci yang akan dicek. Kalian cukup melakukannya sekali saja. Jika ada perubahan ranking, maka posisi pada fitur tersebut juga akan ikut berubah. Kelebihan inilah yang menjadikan fitur tersebut berbeda dari tools position tracker yang lain.

7. Fitur Link Intersection

Link Intersection adalah fitur yang belum dimiliki oleh tools backlink checker yang lain. Fungsinya yaitu untuk mencari backlink mana saja yang mengarah pada website kompetitor Kalian, tapi belum diarahkan ke website Kalian. Fungsinya juga sangat bagus untuk mencari backlink yang se-niche dengan website Kalian.

8. Fitur New and Lost Backlinks

New and Lost Backlinks adalah fitur yang masih satu bagian dengan Site Explorer. Meski begitu, fitur ini termasuk ke dalam poin yang penting juga untuk dibahas. Fungsinya yaitu untuk melihat backlink yang hilang secara harian maupun backlink baru. Jadi, selain kita bisa melihat backlink yang sudah kita buat, kita pun dapat melihat backlink yang sudah hilang karena alasan tertentu. Sehingga, Kalian bisa menganalisa performa website agar terpantau secara detail.

Fitur dan Keunggulan SEMrush

Sama-sama tools SEO yang powerful, tapi memiliki fitur yang berbeda. SEMrush atau SEM Rush adalah tool yang biasa digunakan untuk riset keyword kompetitor. Tool ini penting agar Kalian tidak kalah bersaing dengan website kompetitor, karena SEMrush termasuk ke dalam tool riset keyword yang komprehensif.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami paparkan apa saja keunggulannya:

1. Untuk Menganalisa Kompetitor

Salah satu alasan kenapa para pakar SEO menggunakan tool SEMrush ialah untuk meneliti kompetitor. Para pesaing Kalian, mungkin saat ini sudah jauh memata-matai kata kunci web Kalian. Kini, sudah saatnya Kalian balik memata-matai mereka dengan menggunakan tool SEO ini.

Dengan tool ini, Kalian bisa menemukan kata kunci terbaik yang mampu mendorong sebagian besar traffic web kompetitor. Dengan menggunakan SEMrush Analisis, Kalian bisa memantau website kompetitor. Dengan demikian, Kalian akan mengetahui kekuatan mereka yang potensial sekaligus kelemahannya. Sehingga Kalian dapat memahami cara bersaing dengan pesaing secara strategis.

2. Fitur untuk Mengecek Backlink

Sama halnya seperti Ahref, SEMrush pun memiliki fitur untuk mengecek backlink. Backlink sendiri merupakan pondasi pada suatu website agar bisa bersaing di SERP. Optimasi tersebut dapat memberi peluang besar untuk mendapatkan traffic secara organik pada website Kalian.

3. Keyword Tracking

Para pakar SEO menggunakan fitur ini untuk meningkatkan SERP (search engine result page). Dengan demikian,  pelacakan peringkat pencarian Kalian tidak akan sulit dilakukan, karena Kalian memiliki akses ke alat yang tepat.

Dengan SEMrush, Kini Kalian bisa melacak setiap keyword yang mampu mendongkrak traffic pada laman website Kalian, termasuk traffic dan juga posisi peringkat website kalian di SERP.

4. Membandingkan Domain

Fitur ini berfungsi untuk membandingkan berbagai domain pada waktu tertentu dengan menunjukkan peningkatan link yang menuju ke domain. Fitur ini berfungsi agar Kalian bisa menemukan ide yang lebih baik untuk mendapatkan hasil memuaskan pada mesin pencari, seperti Google. Untuk pemeriksaan kualitas, Kalian bisa membandingkan 4 atau lebih domain kompetitor secara langsung.

5. Fitur untuk Menganalisa Iklan

SEMrush adalah tool yang dapat melakukan pemeriksaan terhadap posisi iklan kompetitor Kalian. Dengan sistem penganalisaan ini, maka Kalian dapat mengetahui strategi iklan berbayar mereka. Iklan Google Adwords pesaing Kalian, kini Kalian bisa menganalisanya agar bisa bersaing secara strategis dalam SEM (search engine marketing).

6. Mencari Pesaing Dengan Traffic Kata Kunci yang Tinggi

SEMrush memiliki fitur yang dapat menemukan kata kunci potensial pada website kompetitor. Dengan demikian, Kalian akan mengetahui kata kunci yang dapat membawa traffic besar pada website Kalian. Dengan fitur ini, Kalian juga bisa mencatat keyword ke dalam Excel, dan menggunakannya di masa yang akan datang.

7. Fitur Audit SEO

Fitur ini memungkinkan Kalian untuk dapat melakukan audit SEO secara menyeluruh pada situs Kalian. Kalian dapat mengetahui berbagai kekurangan dan melakukan perbaikan dengan segera.  Sehingga, traffic pada website Kalian akan semakin meningkat.

Kesimpulan

Baik Ahrefs maupun SEMrush memiliki keunggulan masing-masing dari fitur-fitur yang telah disediakan, disini kalian yang harus memilih sendiri tools mana yang paling cocok untuk kalian gunakan agar nantinya kalian tidak rugidan dapat meningkatkan persaingan website kalian di search engine.

1 komentar untuk "Ahrfes vs SEMrush, Mana Tools SEO Terbaik?"

Dilarang Berkomentar Menggunakan Kata-Kata Kasar, Link Aktif, Pornografi, Perjudian dan Sejenisnya!!!

close