Apa Itu SEMrush? Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakannya

what is a semrush?

 Apa Itu SEMrush?

SEMrush adalah sebuah software yang didirikan oleh Oleg Shchegolev dan Dmitry Melnikov pada 2008. Software ini membantu mengoptimalkan situs web perusahaan terhadap mesin pencari serta membantu perusahaan menjalankan kampanye pemasaran digital seperti melakukan kampanye SEO, PPC (bayar per klik), pemasaran media sosial, dan content marketing.

Software ini bekerja dengan menarik data dari situs yang dapat membantu Kalian untuk memahami bagaimana performa situs. Ada dua cara utama SEMRush dalam menarik data.

Cara pertama adalah melalui bilah pencarian. Jika Kalian mengetikkan sebuah URL situs web ke dalam bilah pencarian, Kalian akan mendapatkan laporan tentang informasi dan pilihan keyword domain tersebut. Alat ini akan membantu meneliti pesaing bisnis Kalian sehingga bisa menemukan cara untuk dapat bersaing dengan mereka.

Cara kedua adalah dengan membuat proyek yang akan mengumpulkan data dari luar database mereka. SEMRush akan menganalisis visibilitas situs web Kalian dan membantu melihat bagaimana Kalian harus bersaing dengan pesaing bisnis.

Untuk meningkatkan SEO situs Kalian biasanya ditentukan oleh dua hal: anggaran dan tujuan bisnis. Hal ini menjadikan alat bantu versi uji coba menjadi salah satu cara yang ideal untuk mencari tahu alat apa saja yang dapat menyediakan fitur yang paling Kalian butuhkan, sehingga dapat menentukan seberapa banyak Kalian harus mengeluarkan anggara untuk bisa mengakses alat tersebut.

Banyak alat yang menawarkan uji coba gratis. Salah satu alatnya adalah SEMrush. Mereka menawarkan uji coba selama tujuh hari yang memberikan fleksibilitas bagi penggunanya untuk mencoba berbagai fitur secara gratis.

SEMrush dapat diakses secara gratis, namun versi gratis ini memiliki sejumlah batasan fitur. SEMrush menawarkan lebih banyak fitur kepada pengguna akun berbayar. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari versi gratis ini, pemasar digital yang memiliki low budget harus mengetahui batasan ini sebelum memulai menggunakannya. Kalian hanya bisa mengakses 10 fitur saja. Di bawah ini adalah sejumlah batasan penggunaan fitur di versi gratis SEMRush:

- 10 pencarian per hari

- 10 hasil per pencarian

- Maksimal 100 halaman yang dapat di-crawl untuk melakukan audit pada situs

- 10 kata kunci yang dapat dilacak

- 10 unit ide untuk On Page SEO 

- Satu SEO content template

- Satu SEO writing asistant template 

- Satu keyword magic tool list

- Dua penelusuran query di topic research

- Satu laporan berbentuk PDF

Setelah mengetahui batasan untuk menggunakan SEMRush gratis, Kalian dapat menentukan strategi dalam menggunakan alat terbaik untuk digunakan selama masa percobaan.

Manfaat Menggunakan SEMrush

SEMRush memberi Kalian banyak informasi yang dapat digunakan untuk: 

- Meneliti tren yang sedang terjadi di tengah masyarakat.

- Menemukan peluang untuk link building. 

- Mengidentifikasi keyword yang berharga untuk kampanye pemasaran.

- Mengidentifikasi keyword yang digunakan oleh pesaing Kalian.

Baca Juga: Mulai Aktivitas Tanpa Batas Dengan Berkonten Ria Bersama IndiHome

SEMRush juga dapat memberikan insight tentang bagaimana caranya Kalian bisa menduduki peringkat yang lebih tinggi dari pesaing serta menyarankan bagaimana caranya menentukan kata kunci atau frasa pada pencarian tertentu.

SEMRush juga mengaudit SEO yang ada di halaman situs sehingga membantu Kalian untuk mengoptimalkan halaman situs untuk strategi SEO guna meningkatkan peringkat situs di halaman pencarian serta menghasilkan prospek yang lebih baik.

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang disediakan oleh SEMRush yang dirancang untuk membantu Kalian meningkatkan performa dan posisi situs di mesin pencari.

1. Dapat memahami kinerja situs Kalian

Menjalankan kampanye SEO, membutuhkan sedikit waktu untuk dapat menunjukkan hasilnya. Kalian pasti akan bertanya-tanya apakah pengoptimalan Kalian dapat berhasil dengan baik? Dengan SEMrush, Kalian bisa mendapatkan insight tentang kinerja kampanye pemasaran tersebut.

SEMrush akan memberikan informasi mengenai performa situs Kalian selama ini. Kalian akan melihat berapa banyak trafik yang diperoleh melalui pencarian organik serta trafik berbayar. Alat ini akan menunjukkan kepada Kalian apakah terdapat peningkatan atau penurunan trafik pada situs web Kalian. SEMrush juga akan memberikan informasi apakah Kalian menggunakan keyword yang menyebabkan peringkat situs menjadi lebih baik atau malah lebih buruk.

2. Dapat menemukan keyword yang berharga

Pemilihan keyword merupakan bagian integral dari kampanye SEO. Saat pengguna internet melakukan pencarian, mereka akan menggunakan sebuah keyword untuk menemukan hasil pencarian yang relevan. Dengan SEMrush, Kalian dapat menemukan keyword tersebut untuk menjalankan kampanye pemasaran digital.

Untuk menemukan keyword yang tepat untuk kampanye pemasaran, Kalian harus melakukan penelitian mengenai penggunaan keyword. Alat ini akan membantu Kalian membuat sejumlah daftar keyword berharga yang dapat digunakan untuk keberlangsungan pemasaran. Dengan bantuan SEMrush, Kalian juga dapat mengidentifikasi keyword yang telah digunakan pesaing bisnis Kalian. 

3. Dapat memahami perilaku pesaing Kalian

Saat Kalian menjalankan kampanye SEO, sebagian besar strategi bertujuan untuk memantau perilaku pesaing bisnis Kalian. Misalnya, ada lusinan bisnis yang akan bersaing untuk mendapatkan keyword yang sama, jadi alat ini akan sangat membantu sekali untuk mengetahui keyword yang mereka gunakan.

Dengan menggunakan SEMrush, Kalian dapat mempelajari apa yang sedang dilakukan pesaing dengan kampanye SEO mereka sehingga akan membantu Kalian untuk mengungguli mereka. Mereka mungkin memiliki keyword yang berhasil mengarahkan trafik. Kalian dapat memanfaatkan kesempatan ini dan menerapkan keyword tersebut ke dalam kampanye pemasaran Kalian sendiri.

SEMrush adalah sebuah alat bantu pemasaran yang berguna untuk membantu Kalian agar bisa lebih  memahami persaingan bisnis sehingga dapat bersaing dengan mereka. Ketika Kalian bisa mengenali pesaing lebih dalam, Kalian dapat membuat strategi yang lebih baik lagi.

4. Dapat mempertahankan trafik yang ada

Ketika memeroleh trafik yang berharga, target Kalian selanjutnya adalah untuk mempertahankan keberadaan trafik tersebut. Sangat penting untuk selalu berusaha menjaga agar prospek Kalian tetap terlibat dan tertarik dengan laman situs tersebut.

Dengan SEMrush, Kalian dapat memilih untuk bisa melacak lokasi tertentu, memantau penggunaan keyword, terhubung ke Google Analytics, dan sejumlah strategi lainnya untuk tetap menjaga trafik yang ada. SEMrush menawarkan semua alat yang dapat kalian butuhkan untuk menjaga trafik tetap puas, sementara Kalian bisa menarik trafik baru ke halaman situs.

5. Mendapatkan backlink yang berharga

Backlink adalah bagian penting dari keberadaan situs online Kalian. Saat Kalian mendapatkan backlink, Kalian harus mendapatkannya dari situs yang lebih kredibel. Google lebih mempercayai situs Kalian ketika mendapatkan backlink dari situs yang lebih dipercaya oleh pengguna internet.

Kalian akan mendapatkan backlink tersebut dengan bantuan SEMrush. Alat ini bisa membuat Kalian melihat di mana lokasi untuk mendapatkan backlink jika belum mendapatkannya dari situs otoritas tertentu. Hal ini juga cara yang bagus untuk melihat backlink yang telah diperoleh pesaing Kalian.

Selain itu, Kalian juga akan mengetahui berapa banyak backlink yang mereka miliki sehingga dapat menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan strategi yang lebih baik untuk ke depannya.

Cara Menggunakan SEMrush

Bagaimana cara menggunakan SEMrush? Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEMrush menawarkan banyak manfaat bagi situs web Kalian. Sekarang, kita akan membahas mengenai SEMrush beserta fiturnya secara detail.

A. Riset Keyword

Riset ini akan membantu Kalian melihat berapa banyak orang yang mencari keyword tertentu, seberapa sulit untuk menentukan peringkat keyword tersebut, dan mendapatkan saran untuk penggunaan keyword lainnya.

SEMrush memudahkan Kalian untuk bisa menemukan jawaban atas semua pertanyaan di atas. Kalian hanya perlu memasukkan kata kunci di bawah bagian Keyword Overview Tool Kalian dan Kalian akan segera melihat:

- Volume: jumlah pencarian keyword yang sama persis.

- KD: adalah singkatan dari keyword difficulty, yang berarti tingkat kesulitan dalam memberikan peringkat pada situs web untuk keyword tertentu.

- Com: persaingan penggunaan keyword.

- Tren: tren penggunaan sebuah keyword.

Sekarang, alat ini dapat digunakan untuk menemukan keyword yang pas terkait dengan frasa yang telah dimasukkan. SEMRush memberikan Kalian semua informasi penting yang dibutuhkan untuk membuat keputusan mengenai keyword mana yang akan digunakan dalam kampanye SEO Kalian.

B. Rank Tracking

Ini adalah alat yang digunakan untuk mengetahui bagaimana peringkat situs web Kalian untuk sebuah keyword dari waktu ke waktu secara global ataupun di wilayah tertentu. Untuk itu, Kalian harus menuju ke bagian position tracker, kemudian masukkan nama domain dan keyword yang ingin Kalian lacak.

SEMrush akan menampilkan laporan yang menunjukkan bagaimana peringkat situs web Kalian saat ini dalam keyword tersebut. Data ini akan berubah seiring berjalannya waktu karena akan lebih banyak informasi yang mengalir melalui SEMrush. Selain itu, Kalian juga dapat memasukkan nama domain pesaing Kalian untuk memeriksa bagaimana peringkat situs mereka saat ini. 

C. Backlink Analysis

Backlink memiliki peranan penting untuk situs web karena bisa mengarahkan trafik dari situs web lain. Performa sebuah situs dalam hasil pencarian bergantung pada berapa banyak backlink yang ada. Menambahkan backlink sebenarnya mudah, tetapi penting juga untuk memiliki backlink yang berkualitas karena Google dan mesin pencari lainnya memprioritaskan situs web dengan inbound link yang berkualitas.

Dengan SEMRush, terdapat dua bagian yang bisa digunakan untuk menganalisis backlink: 

- Bagian Backlink Analytics berfungsi untuk mencari backlink ke nama domain tertentu. Di bawah bagian ini, Kalian juga dapat melihat anchor text yang digunakan untuk setiap backlink, distribusi domain (seperti .com, .org, tautan .gov, dan lain-lain), dan informasi tentang alamat IP di backlink tersebut. Kalian juga bisa menggunakan alat ini untuk mendapatkan informasi tentang backlink yang dimiliki pesaing.

- Bagian Backlink Audit akan membantu Kalian mencari tahu penyakit dari backlink tersebut serta membantu menjaga kesehatan situs web. Backlink audit mengumpulkan semua daftar link yang dianggap sebagai spam sehingga Kalian dapat meninjau dan mengunggah ke Google sebagai disavow file. Penting untuk mengunggah file ini supaya memberi tahu Google untuk mengabaikan link yang berbahaya. Jika tidak, Google akan memberikan hukuman kepada situs yang memiliki banyak backlink yang beracun dan berkualitas buruk.

D. Link Building

Sebuah proses mendapatkan link dari situs lain dikenal sebagai link building. Link building menjadi sangat penting untuk keberhasilan proyek kampanye SEO karena mesin pencari biasanya akan memberikan peringkat di posisi tinggi kepada situs web yang memiliki lebih banyak link.

SEMrush link building akan memeriksa seluruh konten di situs web, memeriksa kembali keyword yang ingin Kalian gunakan, serta memberikan daftar situs web yang mungkin layak didekati untuk mendapatkan backlink.

E. Broken Link Building

Link yang tidak lagi mengarah ke situs manapun dikenal sebagai broken link. Broken link building adalah salah satu pendekatan SEO yang sangat penting karena dapat membantu menemukan link yang rusak, membuat ulang konten yang sudah terbengkalai, dan kemudian memberitahu semua orang yang dulu sudah menggunakan link konten yang terbengkalai untuk dihubungkan lagi dengan link yang baru.

Kalian bisa membangun backlink baru ke konten tersebut dan seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, semakin banyak backlink yang mengarah ke situs web Kalian, semakin baik performa konten tersebut di hasil pencarian.

F. Site Audit

Ini juga merupakan salah satu fitur yang sangat berguna dari SEMrush. Dengan menggunakan fitur ini, Kalian dapat menemukan kesalahan yang akan merusak peringkat mesin pencari seperti:

- Duplikat konten

- Kesalahan dalam crawling

- Masalah SSL

- Header tidak ada

- Konten yang dimuat lambat, dan lain-lain.

Site Audit dapat memindai seluruh situs web Kalian dan memberikan tips untuk perbaikan pada setiap halaman. Fitur ini tidak hanya memberi tahu Kalian apa yang harus dilakukan tetapi juga memberi tahu mengapa Kalian harus melakukannya. Setiap saran yang diberikan akan menjelaskan alasan di balik setiap rekomendasi. Saran ini dapat mencakup:

- Memberikan atribut ALT ke gambar yang rusak

- Situs web mana yang dimasukkan sebagai backlink

- Durasi panjangnya konten

- Penggunaan keyword yang berlebihan

- Keyword yang perlu ditambahkan

- Menambahkan tag jika dibutuhkan

- Meningkatkan meta tag serta meta description

- Strategi internal linking

G. Traffic Analytics 

Fitur SEMRush ini akan memberikan Kalian informasi terperinci untuk mengetahui sumber, lokasi, dan demografi trafik yang datang ke situs web. Dengan menganalisis data tersebut, Kalian dapat merancang strategi SEO yang baik bagi situs web Kalian.

SEMRush adalah salah satu alat yang dapat menyelesaikan semua kebutuhan pemasaran digital. Hal itu karena alat ini memiliki sejumlah fitur yang dapat membuat situs web Kalian mencapai hasil teratas di SERP. Dengan bantuan SEMRush, Kalian dapat melakukan penelitian keyword yang tepat, membuat konten untuk pemasaran, menganalisis pesaing bisnis, dan memeriksa analisis data

SEMRush memang memiliki kekurangan tertentu seperti harga yang mahal dan sulit dimengerti untuk pemula. Tapi, begitu terbiasa dengan alat ini, Kalian akan mengerti bahwa dengan menggunakan alat ini bisa menghasilkan ROI yang lebih tinggi.

Harga SEMrush

Setelah Kalian mengetahui semua hal tentang SEMrush, fitur-fitur dan kegunaanya, nah selanjutnya tools ini ada berbagai macam harga,  sebagai salah satu alat SEO terbaik ini.

Harga SEMrush didasarkan pada tingkatan yang berbeda dan ditargetkan untuk orang yang berbeda – baik itu untuk pengguna skala kecil dan freelancer atau bahkan untuk perusahaan skala besar.

SEMrush Pro – $99,35 per bulan / $999 per tahun

Biasanya harga jenis SEMrush ini untuk bisnis skala kecil dan freelancer. Biasanya Kalian mendapatkan 5 laporan PDF yang bisa dijadwalkan, Melacak hingga 500 kata, 5 Proyek, 3.000 laporan harian, menjelajahi 100.000 halaman web, 12.000 hasil per laporan, dan masih banyak lagi.

SEMrush Guru – $199,95 per bulan / $1999,40 per tahun

Jika Kalian adalah seorang  SMB dan agensi pemasaran yang berkembang. Kalian dapat menggunakan fitur di paket SEMrush Pro, laporan bermerek PDF, data historis, merayapi melalui 300.000 halaman web, 20 laporan PDF terjadwal, melacak hingga 1500 kata kunci, 50 proyek, 5.000 laporan harian, 30.000 hasil per laporan.

Cara Kerja Mesin Pencari

Hal pertama yang harus kita pahami terlebih dahulu adalah tentang bagaimana cara kerja mesin pencari. Pada prinsipnya cara kerja mesin pencari itu meliputi 3 hal, yang diantaranya :

Crawling

Crawling merupakan proses perayapan yang dilakukan oleh bot pada sebuah website. Tujuannya adalah agar mesin pencari bisa mengetahui apa saja konten yang ada di dalam website kita. Dalam beberapa kasus, bot ini tidak hanya merayapi konten, tetapi juga file yang ada dalam website kita.

Indexing

Setelah proses crawling, cara kerja mesin pencari berikutnya adalah indexing. Proses indexing ini artinya adalah menampilkan halaman website Kalian di halaman hasil pencarian. Tidak peduli diposisi berapapun, yang penting ketika ada yang mencari kata kunci tertentu, halaman website Kalian sudah berapa di list yang direkomendasikan oleh mesin pencari.

Ranking

Setelah mesin pencari melakukan indexing, cara kerja berikutnya adalah melakukan perangkingan terhadap semua wesbite yang sudah terindex. Pada intinya, mana website yang paling relevan dengan kata kunci apa yang diketikkan oleh pencari, akan menempati posisi paling atas di halaman yang paling depan.

SEMRush adalah alat yang ampuh untuk melakukan digital marketing. Tetapi, alat ini hanya dapat memberikan Kalian data dan sejumlah informasi sehingga pada akhirnya, Kalian sendirilah yang harus menganalisis, memutuskan, dan mengembangkan strategi SEO yang sukses untuk situs web kalian nantinya

Kesimpulan dan Penutup

SEMrush memang banyak digunakan oleh content specialist saat ini, selain karna fungsinya yang dapat memeriksa permasalahan situs dengan analisis SEO tools.

SEMrush merupakan perangkat lunak berbasis online lengkap yang diprogram untuk membantu dalam merencanakan dan melaksanakan upaya Kalian dalam hal SEO, SEM serta penelitian media sosial dan periklanan video.

Sebenarnya masih ada banyak lagi tools SEO yang dapat membantu kalian untuk meningkatkan posisi situs web kalian di SERP seperti, Ahrefs dll. tetapi pada kesempatan kali ini saya hanya mengulas SEMRush saja.

Posting Komentar untuk "Apa Itu SEMrush? Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakannya"

close