Mulai Aktivitas Tanpa Batas Dengan Berkonten Ria Bersama IndiHome

mulai aktivitas tanpa batas dengan berkonten ria bersama indihome

Di era digital yang semakin berkembang pada zaman ini kebutuhan akan internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama yang wajib dimiliki oleh semua orang, tanpa adanya internet tentu kita akan kesulitan melakukan aktifitas sehari-hari.

Misalnya saja untuk bekerja kita membutuhkan whatsapp untuk saling bertukar informasi antar sesama karyawan atau antar karyawan dengan bosnya, lalu untuk bertukar informasi dengan keluarga pun sekarang sudah semakin mudah dengan adanya internet.

Misalkan saja kita kangen dengan keuarga yang berada jauh dari kita, kita bisa melakukan panggilan video atau video call yang bisa menjangkau seluruh dunia dengan jaringan internet.

Untuk mencari informasi terbaru pun sekarang kita bisa menggunakan fasilitas internet di Indonesia, selain bisa mencari informasi terbaru kita juga bisa memanfaatkan internet ini untuk mendulang pundi-pundi uang dengan membuat konten di media social seperti blogger, website ataupun platform video streaming seperti Youtube ataupun TikTok.

Dengan adanya platform video streaming seperti Youtube ataupun TikTok tentu membuat kita semakin mudah mencari informasi bermanfaat melalui internet. Berikut data platform media social terpopuler tahun 2023 yang saya ambil dari shopify.com.

mulai aktivitas tanpa batas dengan berkonten ria bersama indihome

Dari foto diatas dapat dilihat bahwa memang banyak orang diseluruh dunia yang menggunakan social media dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sudah banyak teman-teman kita yang mendapatkan penghasilan dari social media melalui konten-konten mereka.

Sebut saja konten creator bernama Felicia Putri Tjiasaka yang membuat konten video keuangan di youtube, tiktok dan social media lain , konten creator cantik ini membuat konten yang membahas tentang management uang dan tips investasi yang ternyata banyak disukai oleh generasi milenial.

Terbukti dari jumlah subscribernya di youtube yang mencapai 1m dengan jumlah penonton per videonya yang mencapai puluhan hingga ratusan ribu.

Lalu ada bima yudho yang belum lama ini viral dengan kontennya yang berjudul “Alasan Lampung tidak maju-maju” dalam konten tersebut bima yudho memberikan presentasi yang memaparkan alasan kenapa Provinsi Lampung yang letaknya sangat dekat dengan ibukota Jakarta hingga sekarang tidak maju-maju, video yang dibuat bima pun menjadi viral hingga berujung pada kunjungan kerja bapak presiden Jokowi untuk meninjau infrastruktur jalan di Provinsi Lampung.

Dari kedua konten creator diatas terbukti bahwa power social media di zaman sekarang sangatlah besar untuk kehidupan kita sendiri maupun kehidupan orang lain.

Namun social media tidak akan bisa diakses tanpa adanya internet yang memadahi, untuk urusan internet ini di Indonesia bapak presiden Jokowi pun sudah membangun proyek pemerataan jaringan internet melalui proyek palapa ring yang telas selesai dibangun dan beroperasi pada tahun 2019, proyek palapa ring ini pun memiliki tiga segmen yaitu palapa ring barat yang selesai pada tahun 2018, palap ring tengah yang selesai pada awal 2019 dan palapa ring timur yang selesai pada oktober 2019.

Tentunya proyek palapa ring ini membuat jaringan internet di Indonesia semakin merata dan membuat kita semakin mudah berkonten ria bersama IndiHome, IndHome sendiri adalah salah satu internet service provider Indonesia yang selalu berinovasi untuk mewujudkan aktivitas tanpa batas melalui jaringan internetnya Indonesia.

IndiHome sendiri adalah produk dari internet provider Indonesia yaitu Telkom Indonesia, tentu kita semua tahu bahwa Telkom Indonesia adalah salah satu penyedia layanan internet yang telah lama berdiri dan memiliki jaringan di seluruh Indonesia.

Tentu hal ini bisa menjadi peluang untuk kita agar bisa memulai aktivitas tanpa batas dengan cara berkonten ria bersama IndiHome karena IndiHome juga sudah dan selalu memperluas jaringan internetnya hingga ke pelosok Indonesia .

Lalu bagaiman kita bisa menjadi seperti konten creator yang sukses seperti Felicia Putri Tjiasaka dan konten creator lain? Mari simak tipsnya berikut:

Sebelum kita mengetahu tips menjadi konten kretor yang sukses seperti Felicia Putri kita perlu tahu dulu nih jenis jenis konten yang bisa kita buat di social media:

Jenis-Jenis Konten Yang Bisa Dibuat Di Sosial Media

1. Konten Informasi

Sosial media atau media sosial digunakan oleh sebagian besar orang sebagai sumber informasi. Oleh sebab itu adanya content informasi dapat memberikan kemudahan bagi audiens untuk mengetahui produk atau layanan yang ditawarkan. Pemanfaatan media sosial untuk pemasaran bisnis sudah tidak perlu diragukan lagi dampaknya.

Pemasaran melalui sosial media ini tidak selalu berhubungan dengan jual beli secara langsung. Kalian bisa menggunakan sosmed untuk memasarkan content dalam bentuk postingan di web, gambar, atau video yang berhubungan dengan produk yang kalian jual.

Sesuai dengan namanya, content yang satu ini harus dibuat berdasarkan informasi yang benar, tepat, dan akurat. Selain itu juga harus berdasarkan pada fakta yang ada dan benar terjadi. Apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan content informasi ini, maka dapat berakibat fatal. 

2. Konten Edukasi

mulai aktivitas tanpa batas dengan berkonten ria bersama indihome

Konten edukasi ini adalah sebuah content yang ditujukan kepada audiens untuk menyampaikan informasi khusus yang menambah pengetahuan. Di dalam konten edukasi ini dapat mencakup berbagai hal. Misalnya saja seperti materi pembelajaran pelajar, content kesehatan, tips dan tutorial, hingga berbagai content edukasi lainnya.

mulai aktivitas tanpa batas dengan berkonten ria bersama indihome

Untuk konten edukasi ini kita bias mencontoh dari Felicia Putri Tjiasaka jika kita ingin membahas mengenai management keuangan ataupun investasi, kita bias melihat cara pembawaan materi di setiap vieonya serta kualitas materi, visual dan audionya.

3. Konten Hiburan

Content yang satu ini merupakan jenis content yang populer dan banyak digemari oleh setiap orang. Ketika seseorang bosan ataupun lelah setelah melakukan aktivitasnya, tentu saja mereka akan mencari hiburan. Hiburan ini bisa dicari melalui sosial media seperti Youtube, Instagram, hingga Tiktok.

Misalnya saja seperti tontonan prank, komedi, dan berbagai content hiburan lainnya. Konten hiburan ini tidak pernah sepi peminat. Kalian bisa mencoba membuat konten hiburan tersebut untuk menarik audiens.

4. Konten Testimonial

Jenis content yang satu ini berisikan tentang testimoni atau opini dari pihak ketiga terkait produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Konten testimonial ini digunakan untuk meyakinkan audiens dalam penggiringan opini public. 

Maksudnya, testimoni dari konsumen yang ditampilkan dalam content akan membuat audiens lain menjadi tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Pendapat orang lain yang pernah menggunakan produk atau jasa, sangat penting bagi audiens yang belum menggunakannya.

Oleh sebab itu content testimonial ini sangat penting bagi kegiatan bisnis yang memasarkan produknya melalui sosial media. Selain dari konsumen biasa, testimoni dari para influencer juga memiliki pengaruh yang kuat untuk memikat audien lainnya. Konten testimoni ini bisa berupa artikel, foto, hingga video.

5. Konten Inspirasi

Konten inspirasi dapat memberikan efek positif bagi para audiens. Inspirasi tersebut dapat dituangkan ke dalam berbagai media. Misalnya saja seperti teks, gambar, suara, dan video. Untuk membuat konten inspirasi yang paling mudah adalah dengan mengutip kata-kata bijak seperti quotes. 

Jadi Kalian tidak perlu mencari ide untuk membuat quotes tersebut. Kalian hanya perlu mendesain kontennya dengan menarik agar audiens terpikat oleh content yang Kalian buat.

6. Konten Vlog dan Blog

mulai aktivitas tanpa batas dengan berkonten ria bersama indihome

Content blog lebih dikenal dengan cerita kisah pribadi dari si penulis. Tulisan tersebut lalu dituangkan ke dalam media artikel tulisan yang diposting di sebuah website. Sementara untuk vlog merupakan cerita kisah pribadi yang dikemas dalam bentuk dokumentasi video. Kemudian diunggah di berbagai platform yang ada, misalnya seperti Youtube, Instagram dan lain sebagainya.

Meskipun content blog dan vlog ini berisi cerita pribadi ataupun aktivitas sehari-hari, namun jenis content ini masih banyak digemari orang. Ketika content tersebut memiliki daya tarik berbeda dari yang lainnya, maka akan banyak audiens yang terpikat oleh content tersebut.

Konten yang akan Kalian buat bisa disajikan dalam bentuk Podcast, Live Streaming, Webinars, Konten VR, dan lain sebagainya.

Selanjutnya adalah cara membuat konten yang ramai dilihat audiens.

Cara Membuat Konten Yang Ramai Dilihat Audiense

1. Kenali Audiens

Cara membuat content yang pertama ialah dengan mengenali siapa audiens Kalian. Apabila Kalian ingin menjadi seorang Youtuber, maka menentukan audiens sangat penting. Jika audiens Kalian anak-anak, maka content vlog sehari-hari tentu saja tidak cocok. Anak-anak cenderung menyukai hal-hal yang berhubungan dengan mainan, misalnya unboxing squishy.

Ingat dengan content Ria Ricis yang dulu? Dulunya content dari Ria Ricis ini sangat digemari oleh anak-anak karena berhubungan dengan permainan. Unboxing squishy, lalu review mainan-mainan lainnya. Namun jika target Kalian wanita yang beranjak dewasa, maka bisa menggunakan content make up.

Jadi menentukan dan mengenali siapa audiens itu sangatlah penting. Dengan begitu Kalian tidak akan salah dalam pemilihan content. Sehingga content yang telah Kalian buat pun akan menghasilkan sesuatu jika ditujukan pada target yang benar.  

2. Tetapkan Materi yang Akan Digunakan

Materi yang akan Kalian gunakan perlu selaras dengan tujuannya. Jadi tetapkan materi content dengan tujuan Kalian. Misalnya saja tujuan Kalian ingin meningkatkan followers Instagram. Maka Kalian perlu menetapkan materi yang tepat untuk mencapai tujuan Kalian tersebut.

Jadi pembuatan materi ini tidak lepas dari tujuan Kalian terhadap pembuatan content. Ketika tujuan Kalian jelas, maka pembuatan materi pun akan jelas. Cara membuat content yang satu ini tidak bisa lepas pada saat pembuatan content. Jadi pastikan bahwa Kalian telah memiliki tujuan terlebih dahulu, baru menetapkan materi yang akan digunakan.

3. Buatlah Konten yang Berkualitas

Cara membuat konten yang tepat berikutnya adalah dengan memastikan bahwa content berkualitas. Content yang berkualitas akan menarik banyak audiens. Mereka akan mengapresiasi content Kalian dengan memberikan komen, like, maupun membagikannya dengan yang lain.

Pilihlah content yang up to date namun tetap berbobot. Jadi content yang Anda buat mengikuti perkembangan zaman, tapi memiliki kualitas. content yang up to date atau yang sedang viral, memang memiliki atensi tersendiri di hati audiens.

Kemaslah sesuatu hal yang viral tersebut dengan content berkualitas. Dengan begitu, audiens akan semakin suka dengan content yang Kalian buat. Meskipun mengikuti trend, namun isi content Kalian tidak hanya sekedar ikut-ikutan saja.

4. Gunakan Konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

Ada kalanya Kalian akan bingung membuat content seperti apa lagi. Namun ketika Kalian bingung, Kalian bisa menggunakan konsep ATM yakni amati, tiru, dan modifikasi. Hindari menjiplak karya orang 100%. Hal tersebut hanya akan memperlihatkan bahwa akun Kalian tidak kreatif dan membuat audiens enggan mengikuti akun Kalian.

Oleh sebab itu, Kalian bisa menggunakan konsep ATM ini. Jadi Kalian bisa meriset content orang lain lalu membedah content tersebut. Apa yang membuatnya menarik dan bisa mengundang banyak audiens. Setelah Kalian mengetahuinya, Kalian bisa memodifikasi content tersebut untuk content Kalian. 

Dengan begitu, Kalian tidak menjiplak 100% karya orang lain. Kalian bisa memodifikasi sendiri dan menambahkan ciri khas Kalian ke dalam content tersebut.

5. Rutin Membagikan Konten

Rutin membagikan conten masuk dalam cara membuat content yang baik. Ketika Kalian rajin mengupload content, maka audiens Kalian akan semakin tertarik untuk mengikutinya. Misalnya saja pada platform Youtube, seorang Youtuber perlu mengupload kontennya secara rutin. Seminggu sekali atau seminggu 2 kali contohnya.

Konsisten upload content merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari audiens. Dengan begitu, akun Kalian akan terlihat lebih menarik di mata audiens karena rutin mengupload content tersebut.

6. Lakukan Evaluasi

Cara membuat content yang berikutnya adalah melakukan evaluasi terhadapnya. Kalian perlu melakukan evaluasi terhadap konten-konten yang telah diupload. Jadi Kalian bisa melihat content mana yang mendapatkan banyak atensi dari audiens.

Dengan begitu, Kalian bisa mengetahui content mana yang lebih disukai oleh para audiens. Jadi dalam pembuatan content, Kalian tidak akan sembarangan lagi. Kalian sudah mengetahui model content seperti apa yang disukai oleh audiens Kalian.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis konten dan tips membuat konten yang ramai dilihat audiens selanjutnya kita perlu memilih provider internet yang bisa mendukung kita untuk menyebarkan konten yang telah kita buat.

Tips Memilih Provider Internet, Jangan Asal Pilih!

mulai aktivitas tanpa batas dengan berkonten ria bersama indihome

menyoal tentang tips memilih provider sebenarnya poin utamanya adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki. Dua poin ini menjadi hal krusial sebelum memutuskan menggunakan provider apakah yang tepat untuk rumah kita.

Nah selain dua hal di atas, beberapa aspek lain yang mungkin bisa jadi referensi Sobat Syarif Soden memilih provider adalah sebagai berikut:

1. Rincikan Kebutuhan Kalian

Poin pertama yang telah saya singgung sebelumnya. Sobat Syarif Soden perlu merinci apa saja kebutuhan internet untuk anggota di rumah kalian.

Berapa banyak orang dan device yang akan digunakan. Selain itu, detilkan juga kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Sobat Syarif Soden maupun anggota keluarga dengan internet.

Tipsnya, jangan tergiur harga murah. Akan tetapi perhatikan apakah bandwithnya mencukupi kebutuhan anggota keluarga nanti. Pemilihan bandwidth akan mempengaruhi berapa besar kecepatan internet yang akan kalian dapatkan. Biasanya router wifi rumah memiliki kecepatan sebesar 300Mbps, 900Mbps hingga 1.900Mbps.

Nah lho, keluhan yang terjadi biasanya adalah sudah pasang wifi tapi kok lemot? Nah, coba cek apa saja aktivitas internet yang dilakukan dan berapa kemampuan bandwithnya ya!

Dari pengalaman saya menggunakan layanan IndiHome paket 1P Internet dengan High Speed Up To 30 Mbps cukup mensupport kebutuhan anak kuliahan yang mengontrak rumah bersama dengan jumlah 5 sampai 10 device.

2. Sesuaikan Harga Dengan Kualitasnya

Berbicara mengenai uang memang agak sensitif. Namun ini penting untuk jadi bahan pertimbangan sebagaimana poin satu. Jangan tergiur harga murah tapi (maaf) murahan.

Sebaiknya kita memilih harga terjangkau namun memberikan fasilitas layanan yang berkualitas untuk kita. Kata orang bijak, "Ada Harga Ada Kualitas." Artinya, harga sebanding dengan kualitas yang diberikan.

3. Pastikan Layanan Dan Service Providernya Bagus

Yups, poin penting sih untuk saya layanan yang cepat dan baik ini. Hal ini bisa kita lihat seberapa tanggapan layanan provider tersebut saat terjadi masalah atau gangguan pada jaringannya.

Ini penting karena internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dengan aktivitas kita sehari-hari. Jika jaringan internet bermasalah dan tidak segera ditangani maka otomatis menghambat pekerjaan kita bukan?

Nah, layanan yang responsif tentu perlu jadi pertimbangan memilih provider .

4. Perhatikan Ketersediaan Dan Jangkauan Lokasi ISP Di Areamu

Nah ini yang sering dikeluhkan oleh beberapa teman saya. Mereka sudah pasang wifi tapi signalnya masih sering tak mendukung.

Rupanya inilah pentingnya memperhatikan kertersediaan jangkauan lokasi ISP di area kita. Pastikan bahwa provider yang akan Kalian pilih memang sudah menjangkau tempat tinggal Kalian.

Pun dengan saya, pilihan saya memutuskan memasang IndiHome adalah ketersediaan jaringan IndiHome di area saya cukup kuat. Saya jarang sekali merasakan signal terputus. Mungkin inilah salah satu alasan saya bisa maksimal merasakan manfaat internet di rumah.

Kabar baiknya, Telkom Indonesia berkomitmen menghadirkan layanan internet di 514 Ibu Kota Kabupaten Kota (IKK) termasuk wilayah 3T. Jadi Kalian coba cek deh di web IndiHome atau myIndiHome ya.

5. Rajin Mencari Referensi

Yups, saya termasuk tipe orang yang lebih percaya dengan rekomendasi orang terdekat atau ulasan dari orang yang saya kenal.

Meskipun demikian, penting bagi Sobat sekalian sebelum memutuskan memilih provider untuk membaca review atau ulasan orang-orang yang telah mencoba produk tersebut.

Semakin banyak referensi akan memudahkan kita mengambil keputusan. Sebab kita telah kaya dengan wawasan dan pengalaman dari orang lain. Bukankah, pengalaman adalah guru terbaik?

Intinya, jangan malas cari referensi dan informasi seputar produk yang akan kita pilih. Oke!

Oke, itulah lima pertimbangan yang coba saya tuliskan dan sesuaikan dengan penggunaan layanan dari produk dari PT Telkom Indonesia ini. Sobat Syarif Soden bisa menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan masing-masing ya!

Penutup

Betapa beruntungnya kita hidup di masa teknologi yang sudah berkembang dengan pesat. Internet yang cepat dan stabil menjadikan dunia kita terasa tanpa batas. Banyak hal bisa dilakukan dan diselesaikan dari rumah saja.

Dengan memanfaatkan teknologi, kita bisa belajar banyak sesuatu.Belajar memanagement uang ala Felicia, programmer ala Sandika Galih Web Programming Unpas, dan insyaallah belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Luar biasa sekali manfaat internet dalam hidup sehari-hari.

Bagi saya, yang menjadi mahasiswa memang tidak mudah. Namun, koneksi intenet cepat IndiHome membuat yang tidak mudah itu terasa lebih ringan dan menyenangkan dijalani. IndiHome memang Internetnya Indonesia.

Jadi bagaimana sob, apakah Kalian sudah siap membuat konten dan Berkonten Ria Bersama IndiHome?

Posting Komentar untuk "Mulai Aktivitas Tanpa Batas Dengan Berkonten Ria Bersama IndiHome "

close